• 5-manfaat-tanaman-di-rumah

5 Manfaat Tanaman di Rumah

Beragam riset telah menemukan banyak manfaat memelihara tanaman di sekitar rumah maupun di dalam ruangan.

Selain secara estetika menjadi lebih menarik, tanaman juga punya manfaat positif yang baik untuk diri kita, mulai dari menambah produktivitas hingga mengurangi stres.

1. Mengurangi stres dan depresi
Sebuah studi mengungkap dengan menyentuh tanaman selama kurang lebih 2 menit, dapat menurunkan tingkat stres yang tinggi karena pekerjaan.

Merawat tanaman juga jadi salah satu cara melawan rasa depresi dan kesepian, apalagi saat melihat tanaman yang kamu rawat mulai tumbuh, kegembiraan dan kepuaasan akan muncul dalam diri.

2. Pendingin alami rumah
Jenis tanaman rambat dapat digunakan sebagai penutup dinding rumah yang bersentuhan langsung dengan cahaya matahari.

Berkat sinar matahari yang langsung memancar ke dinding, akan membuat suhu di dalam rumah meningkat, oleh karena itu dengan hadirnya tanaman rambat, dapat dipastikan akan menghambat panas yang masuk ke dalam rumah.

3. Membantu tidur lebih nyenyak
Tidur di sekeliling tanaman tidak baik bagi tubuh karena akan berebut oksigen di udara? Tidak semuanya benar.

Beberapa tanaman seperti anggrek, lidah buaya, sukulen, lidah mertua, hingga palem kuning justru dapat mengubah karbondioksida dan menjadi oksigen di malam hari.

Beberapa tanaman lain seperti melati, lavender, dan gardenia malah bisa membuatmu tidur lebih pulas bila diletakkan di kamar tidur karena beraroma menenangkan.

4. Melawan sick building syndrome
Sick building syndrome adalah kondisi kesehatan seperti pusing kepala dan masalah pernapasan yang umum menyerang para pekerja kantoran.

Penyebabnya adalah lingkungan kantor yang kurang kondusif seperti ventilasi buruk, tingkat karbondioksida yang tinggi, hingga efek pendingin ruangan (AC).

Dengan memelihara tanaman di dalam rumah, dapat menstabilkan denyut jantung, membantu masalah pernapasan, hingga dapat meningkatkan produktivitas.

Selain itu, tanaman ringan seperti kaktus bunga maupun aloe vera dapat juga dipelihara di kantor hingga dapat mempercantik ruangan serta mengurangi sick building syndrome.

5. Mengurangi Kebisingan.
Menanam tanaman di sekeliling pagar adalah sebuah solusi sehat untuk rumah yang berada di pinggir jalan maupun di daerah yang selalu ramai dan padat penduduknya.

Dengan banyaknya kendaraan bermotor yang berlalu lalang, tanaman mampu meredam suara bising yang dihasilkan dari suara kendaraan dan dapat menyaring debu yang masuk ke dalam rumah, sehingga rumah Anda akan selalu bersih.

Seperti di TentremRogo, dengan konsep Living Space, beragam tanaman tumbuh subur mulai dari pagar rumah, dapur, kolam renang, hingga di dalam masing-masing kamar.

TentremRogo Living Space ingin para penghuninya senantiasa sehat dan terbebas dari stres akibat pekerjaan maupun beratnya aktivitas harian.