• salad-sederhana-untuk-badan-sehat

Salad Sederhana Untuk Badan Sehat

Mendengar kata snack atau cemilan, biasanya kebayang makanan kurang sehat. Misalnya; kue manis, jajanan pasar, gorengan, keripik, dan sejenisnya. Memang nikmat, tapi kandungan micin dan gula di dalamnya tidak baik untuk kesehatan.

Namun, ada cemilan sehat yang semakin populer akhir-akhir ini, yaitu salad.

Terutama untuk kamu yang sedang diet, makan salad dapat berfungsi sebagai pengganti cemilan. Bahkan ada juga yang menjadikan salad sebagai makanan utama, asal porsinya juga disesuaikan. 

Banyak manfaat yang didapat dengan makan salad. Contohnya: memenuhi kebutuhan tubuh terhadap serat.

Salad yang berisi sayur dan buah mentah tentu saja kandungan seratnya lebih tinggi. Manfaatnya, pencernaan jadi lebih lancar. Metabolisme tubuh pun jadi lebih bagus ketimbang makan daging dan gorengan.

Buah dan sayur yang masih segar juga punya banyak kandungan antioksidan yang bisa mencegah efek buruk radikal bebas. Sel-sel rusak juga akan diperbaiki, sehingga kulit bisa lebih kencang.

Dengan makan salad sebagai cemilan, otomatis dapat mengurangi makan. Terutama asupan karbohidrat dapat lebih berkurang. Berat badan bisa turun, apalagi kalau menghidangkan salad sebagai makanan utama. 

Dengan banyak manfaat itu, mungkin ada satu alasan yang bikin orang sulit makan salad, yaitu soal rasanya. 

Meski begitu, kamu bisa siasti dengan salad dressing. Dressing bisa pakai bahan-bahan dasar seperti minyak zaitun, minyak kanola, krim, yoghurt, mayonaise, cuka, dan lain-lain.

Dressing ini berguna untuk menambah rasa. Ibaratnya kecap asin, merica, dan cuka kalau makan bakmi. Jadi ya sesuai selera saja. Apalagi cara bikinnya pun enggak susah-susah amat.

Selain dressing ada tiga jenis isi salad.

Yang pertama, kamu bisa menyiapkan bahan dasar. Ini adalah alasnya salad. Bisa sayuran hijau jenis apapun. Kedua, bahan utama. Nah, ini menu utamanya. Bisa pakai sayuran juga, buah, telur rebus, ikan tuna, dada ayam panggang, atau kentang.

Yang ketiga adalah garnish, alias pemanis. Ini sebenarnya sekadar hiasan aja, tapi bisa dimakan dan tentu saja bisa menambah rasa. Isinya bisa apa saja, yang penting bisa mempercantik tampilan saladmu. Lumayan kan, buat di-upload ke Instagram?

Meski ada empat jenis isian, sebenarnya nggak ada peraturan baku untuk bikin salad. Itulah asyiknya bikin salad untuk dimakan sendiri. Kita bebas berkreasi! Sekali lagi, pembatasnya hanya selera saja.

Jenis-jenis salad memang ada banyak seperti salad buah, salad sayur, salad caesar, dan sebagainya.

Oleh karena itu, cobalah cara bikin dressing yang kami sarankan ini. Bahan utamanya mayonaise, dan bisa digunakan untuk salad buah atau sayur. Selain bahan-bahan yang dibutuhkan mudah dicari, TentremRogo Living Space juga menyediakan peralatan lengkap yang bisa kamu gunakan untuk membuatnya.

Bahan :
- Saus mustard 2 sdm
- Minyak zaitun 300 ml
- Kuning telur 2 buah
- Air perasan jeruk nipis 1 sdm
- Garam sdt

Cara membuat :
1. Siapkan wadah, masukkan kuning telur dan saus mustard. Kocok dengan mixer dengan kecepatan rendah atau spatula. Kocok hingga lembut dan tercampur rata.
2. Masukkan garam. Kocok lagi.
3. Tuang minyak zaitun sedikit demi sedikit sembari terus dikocok.
4. Setelah adonan menjadi agak kaku atau mengental, tuang jeruk nipis. Kocok lagi.
5. Jika dirasa terlalu kental, bisa ditambahkan air.
6. Saus mayonaise buatan sendiri untuk salad buah dan sayur siap dikonsumsi.

Selamat menikmati salad buatanmu!