• 5-rekomendasi-buku-yang-seru-untuk-berakhir-pekan

5 Rekomendasi Buku Yang Seru Untuk Berakhir Pekan

Better days are coming. They are called Saturday and Sunday.


Siapa yang tidak setuju dengan kalimat itu? Buat kamu yang 5 hari sebelumnya telah bekerja dengan sangat keras, inilah waktu yang tepat untuk me-refresh diri. Banyak hal yang bisa kamu lakukan: hangout bareng teman, pulang ke rumah orang tua, atau pergi berkencan dengan pacar (kalau kamu punya pacar). Tapi jika kamu memutuskan untuk me time di akhir pekan, membaca buku bisa menjadi alternative yang seru, lho. Berikut lima rekomendasi buku yang bisa menemani akhir pekanmu.

1. Filosofi Kopi
Filosofi Kopi adalah karya fiksi Dewi Lestari yang akrab dipanggil dengan nama Dee. Buku ini menceritakan perjuangan seorang yang memiliki hobi terhadap kopi dan memaknai kopi dari sudut pandang kehidupan. Di samping Filosofi Kopi sebagai cerita utama, buku ini juga menghadirkan cerita pendek serta prosa lirik karya Dee selama satu dekade (1995-20015). Buku ini dianugerahi sebagai karya sastra terbaik tahun 2006 oleh majalah Tempo. Pada tahun yang sama, Filosofi Kopi juga berhasil dinobatkan menjadi 5 Besar Khatulistiwa Award kategori fiksi. Jadi, tidak ada alasan untuk kamu tidak baca buku ini diakhir pekan, kan? Segara masukan ke dalam list! Biar makin seru, jangan lupa siapkan kopi favorit untuk menemanimu membaca.

2. Bumi Manusia
Jika kamu penasaran bagaimana kondisi Indonesia pada pemerintahan kolonial Belanda, dipadu dengan cerita roman yang genuine, karya masterpiece dari Pramoedya Ananta Toer ini bisa jadi alternatif. Bumi manusia menceritakan tentang seorang pemuda bernama Minke, pribumi dan mahasiswa HBS, yang jatuh cinta pada Annelies, wanita cantik anak Nyai Ontosoroh gundik Tuan Meilema. Bagaimana Pram meramu cerita kehidupan seorang Minke yang terasa biasa saja menjadi sebuah buku yang sempat dilarang peredarannya di Indonesia inilah yang menarik untuk dibaca. Buku ini telah diterjamakan lebih dari 30 bahasa di dunia dan merupakan satu-satunya karya sastra Indonesia yang berkali-kali masuk nominasi nobel sastra.

3. Chicken Soup For The Soul
Ceritanya sederhana dan (mungkin) bukan ditulis oleh penulis terkenal. Tapi membaca buku ini membuatmu seperti disuguhi sop ayam terlezat di dunia sementara kamu sedang lapar-laparnya. Lalu setelah makan, bikin kamu berenergi! Bukan, buku ini bukan berisi resep menu makanan. Melainkan tentang pelajaran hidup dari cerita sehari-hari atau pengalaman hidup seseorang yang bisa bikin kamu tersadar dan tersentuh. Siapkan tissue. Siapa tahu kamu akan menangis tersedu-sedu saat membacanya.

4. Goosebumps
Buat kamu yang lahir di tahun 90-an, pasti pernah merasakan kepopuleran buku ini. Atau jangan-jangan kamu malah mengoleksinya? Kalau iya, akan jadi nostalgia yang seru saat kamu kembali membacanya. Bagi yang belum tahu, novel karya R.L. Stain ini terkenal dengan kisah-kisah horornya. Meski horor, buku ini masih menarik untuk dibaca karena menawarkan rasa ngeri yang berbeda. Berani baca buku ini sendiri saat me time mu di akhir pekan?

5. Kambing Jantan
Kamu merasa weekendmu hambar dan butuh keceriaan? Buku Kambing Jantan karya Raditya Dika adalah solusinya. Buku ini siap menggelitikmu hingga terpingkal-pinkal. Kambing Jantan adalah karya pertama Dika. Awalnya ia menuliskan pengalaman hidupnya (yang saat itu masih berstatus pelajar) ke dalam blog. Dan siapa sangka, blog yang isinya nya pengalaman-pengalaman kocak itu disukai oleh banyak orang. Jadi jangan sedih kalau akhir pekanmu sendiri. Buku Kambing Jantan ini dijamin akan menghiburmu.

Atau, kamu cukup habiskan waktu dengan membaca buku yang tersedia di study corner TentremRogo Living Space. We've got a lot of book that will make you happy.

Happy reading!